yuyuayue yayu

Selasa, 07 Juni 2011

GIRLS' FRIST PERIOD

Girls...baru dapat frist period alias menstruasi pertama??
masih bingung ,sebetulnya apa sih yang terjadi dalam tubuh kita di saat menstruasi?trus,ada pantangan makanan nggak sih kalau lagi menstruasi ?tenang...
aku bakal jawab!!!




MySpace MENSTRUASI ITU..
Siklus bulanan dalam sistem reproduksi wanita.siklus ini di pengaruhi banyak faktor,yaitu hormonal,psikologis(setres kecapaian),pola makan,gaya hidup dan penyakit yang diderita pada saat itu.
tandanya keluar darah dan lendir melalui vagina secara berkala.Penyebab nya adalah jaringan sel yang ada didalam rahim atau uterus hancur karena nggak terjadi pembuahan terhadap sel telur.Bentuk darah menstruasi biasanya encer atau sedikit bergumpal dengan warna merah kehitaman.

TERJADINYA..
Tiap sekitar 28 hari atau 22-35 hari 1 kali.Lamanya tiga sampai tujuh hari.Kalau terjadi satu kali dalam dua bulan dan sudah terus menerus begitu,masih bisa disebut normal.Tapi kalau hanya kadang-kadang seperti itu,biasanya hanaya karena masalah gangguan hormonal sementara.

KENAPA DARAHNYA KADANG MENGGUMPAL?
Biasanya,itu karena darah nggak langsung keluar dari vagina.Tapi tertampung dulu sementara didalam vagina.Dan itu normal,kok.Darah menstruasi tuh terdiri dari fragmen-fragmen kelupasan endrometrium atau lapisan rahim yang bercampur darah.

KENAPA SIKLUS SERING NGGAK TERATUR ??
Lebih karena faktor hormonal,yaitu nggak ada sel telur yang matang,matang tapi nggak pecah.Jadi nggak ada hormon progesteron yang menyebabkan jatuhnya selaput lendir dalam rahim.Biasanya,ini di sebabkan gangguan hormon,setres,diet yang terlalu ketat,atau terjadinya radang atau infeksi.Kalau sampai tiga periode berturut-turut nggak dapat menstruasi,segera periksa ke dokter,ya !

BIAR MENSTRUASI TERATUR.....
Kita harus menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat,seperti rajin berolahraga,cukup istirahat,banyak makan sayur,nggak sering makan junk food atau yang sertba instan,banyak minum air putih dan hindari setres.

KALAU NYERI BOLEH MINUM OBAT NGGAK??
Boleh saja,tapi jangan diminum dalam jangka waktu lama.begitu rasasakit menghilang atau berkurang,hentikan minum obat.Tapi kalau berhari-hari rasa sakit belum berkurang,sebaiknya periksa ke dokter.

CARI KEBENARAN SEPUTAR MITOS !
   Seringkan,nggak boleh ini itu pas menstruasi,atau mengkonsumsi makanan minuman tertentu biar bikin lancar.Yuk,kita cari kebenarannya.
Mitos #1 nggak boleh minum air dingin.
**SALAH, air dingin atau es batu nggak mempengaruhi apapun pas menstruasi,termasuk efek penghambatan aliran darah.Selama nggak merasakan sakit ataupun perut kembung,boleh aja kok
Mitos #2 sering minum soft drink bikin lancar
**belum ada penelitian yang membuktikannya.sakit nggak nya perut saat menstruasi atau pun lancar nggak nya darah yang keluar lebih di pengaruhi oleh hormon dan faktor psikis.
Mitos #3 pakai pembalut bisa bikin mandul
**SALAH! semua pembalut sebenarnya nggak bahaya,tapi ada sebagian cewek yang kulitnya mudah iritasi dan elergi,karena sensitivitas organ kelamin tiap cewek memang berbeda.Yang terpenting ,ganti pembalut sesering mungkin.kalau lagi banyak,gantilah sesering mungkin minimal tiap empat jam sekali,dan setiap buang air.

DON'T !!!
*malas ganti pembalut .kalau sering lembab,kita bisa gampang keputihan,area V bisa iritasi dan terkena jamur.
*"tembus" disekolah!Ups,jangan lupa membawa pembalut dan celana dalam ke sekolah ya.
*Jadi males pas menstruasi.karena nggak bikin tubuh jadi lemah kok.hasil penelitian menyebutkan,darah yang keluar hanya sekitar 30ml saja,atau sekitar enam sendok .Jadi jangan jadi alasan nggak masuk sekolah ya!!


Udah segitu aja yah buat informasinya..
see you next time !!!  MySpace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar